TETAP JADI TEMAN KU

Jumat, 11 Februari 2011

Akselator proton yang berhasil dikembangkan oleh ilmuwan Korea

Para ilmuwan di Institute Pengkajian Energi Atom Korea, KAERI telah berhasil mengembangkan akselerator proton berdaya tinggi tipe linier setelah delapan tahun kerja keras. Korea adalah ketiga di dunia yang telah berhasil mengengembangkan secara swasembada akselerator proton yang berdaya tinggi dan dapat mempercepat beam proton menjadi 100 juta volt elektron.

Proton yang dipercepat melalui akselerator ini dapat digunakan untuk mengubah sifat suatu material atau menghasilkan bahan baru dengan menyesuaikan kecepatan tabrakan atau penetrasi.

Pada kecepatan rendah, bertabrakan proton menjadi bahan dan melepaskan diri atom individu. Hal ini memungkinkan kita untuk melakukan pemrosesan sesuatu hingga level atom secara persis. Pada kecepatan tinggi, struktur partikel molekul dalam material terjadi perubahan, maka bisa mendapat material baru yang ciri khasnya sama sekali berbeda dari asalnya.

Sebagai contoh, dapat membuat bahan non-konduktif menjadi satu yang sangat konduktif dan bahan yang lentur seperti plastik menjadi satu yang kuat seperti baja. Pada kecepatan lebih tinggi, akselerator dapat bereaksi dengan inti dan menciptakan sebuah elemen yang sama sekali baru. Teknologi ini dapat digunakan dalam semi-konduktor dan manufaktur plastik, produksi nano partikel, pengembangan jenis tumbuhan baru dan sumber energi baru, generasi isotop radioaktif untuk tujuan medis dan penelitian kanker.

0 komentar:

Posting Komentar